Minggu, 08 November 2015

Resep Membuat Nugget Sendiri

Friday, October 2nd 2015. | Resep Makanan

Resep Membuat Nugget Ayam Sendiri – Nugget, mungkin nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, makanan olahan dari daging ayam maupun sapi ini memang sudah menjadi makanan favorit di negeri kita, selain rasanya yang enak, nugget ini juga bisa menjadi solusi pada saat tengah malam terbangun ingin mencari makanan.
Nugget ini banyak tersedia di pasaran, supermarket atau mini market contohnya yang banyak menyediakan varian dari Nugget tersebut, seperti Nugget Ikan, Nugget Salmon, Nugget Sayur, Nugget Tahu, Nugget Daging Sapi dan yang menjadi favorit dari orang Indonesia Nugget Ayam. Makanan ini memang banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, selain praktis rasa yang dihasilkannya pun sangat enak dan gurih, serta dagingnya yang empuk sehingga anak-anak pun suka dengan makanan tersebut.
Resep Membuat Nugget Ayam Sendiri
Berbicara mengenai Nugget, pernahkah anda terfikirkan untuk membuat Nugget sendiri ?  dan ingin tahu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat makanan tersebut ? pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai resep membuat Nugget Ayam yang enak dan sehat, karena kita tahu secara langsung apa saja bahan yang akan kita gunakan nantinya. Tidak perlu berlama-lama lagi, kita langsung mulai saja persiapkan bahan-bahan yang akan kita butuhkan.

Bahan bahan yang disiapkan

  1. Karena kita akan membuat nugget ayam, tentu saja kita harus mempersiapkan bahan utamanya yaitu daging giling Ayam segar sekitar 500 gram. Usahakan untuk menggunakan ayam di bagian atas (dada) supaya hasilnya terasa enak dan gurih. Tetapi kalaupun anda ingin menggunakan ayam utuh juga tidak masalah, cuma mungkin nanti ada sedikit perbedaan di rasa akhir nya.
  2. 2 butir telur ayam ukuran sedang besar atau 3 butir telur ayam ukuran kecil.
  3. 5 siung Bawang Putih. Kupas kulitnya dan haluskan sampai lembut.
  4. Lada bubuk secukupnya (apabila anda ingin membuat Nugget untuk buah hati anda yang tidak suka pedas, bahan ini bisa dihilangkan)
  5. Penyedap rasa sedikit  (bisa dihilangkan kalau tidak ingin menggunakaannya )
  6. Garam secukupnya
  7. 1 sendok teh garam dapur yang beryodium.
  8. 6 pcs Roti tawar putih. Hilangkan bagian coklat pinggirannya.
  9. Margarin secukupnya untuk olesan loyang.
  10. Bahan untuk lapisan luar nugget adalah 160 gram tepung Roti dan 2 butir telur ukuran besar.

Cara membuat Nugget Ayam

  1. Siapkan satu wadah kecil berisi air matang untuk merendam 6 pcs roti tawar di atas. Tunggu sampai lembek, peras pelan pelan dan ambil ampasnya.
  2. Ambil satu wadah yang cukup besar. Lalu masukkan 500 gram daging ayam, 5 siung bawah putih yang sudah dihaluskan, tambahkan lada secukupnya, penyedap rasa dan garam dapur. Campur dan uleni pakai tangan hingga semua adonan tercampur rata.
  3. Masukkan ampas roti dan masukkan ke dalam adonan di atas. Campur dan aduk dengan tangan sampai rata.
  4. Pecahkan 2 butir telur ayam dan campur ke dalam adonan di atas sampai semua bagian tercampur dengan rata.
  5. Ambil loyang dan olesi dengan margarin. Masukkan adonan di atas dan ratakan di atas loyang (bentuk pipih setebal kurang lebih 1-1.5 cm).
  6. Kukus loyang kurang lebih 20 menit sampai 25 menit dengan api sedang cenderung kecil. Setelah matang dinginkan di suhu ruangan.
  7. Ambil lagi satu wadah kecil. Masukkan 2 butir telur ayam dan kocok.
  8. Siapkan tempat yang agak besar dan tuang Tepung Roti di atasnya.
  9. Potong adonan Nugget Ayam yang sudah dingin sesuai dengan selera. Masukkan ke dalam wadah telur kemudian masukkan ke dalam wadah Tepung Roti. Gulirkan sambil agak di tekan sampai semua bagian tertutup Tepung Roti.
Setelah proses terakhir, Nugget Ayam bisa langsung anda goreng dan siap dihidangkan selagi masih hangat.  Anda juga bisa menyimpannya di Freezer untuk di gunakan keesokan harinya. Sebgai variasi , untuk dagingnya anda bisa menggunakan Anda bisa menggunakan ikan salmon, udang dan bahan lainnya, bisa juga nanti ditambahkan sayuran atau keju didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar